Monday, December 14, 2009

Catatan MasGagah: Doa untuk PEMIMPIN Negeri

Ada yang merasa males membahas topik berita tentang korupsi yang sedang marak di tv? Setelah sebelumnya kita ramai membicarakan masalah mengenai KPK, POLRI, juga KEJAGUNG, sekarang diteruskan dengan kemungkinan bermasalahnya BailOut Bank Century.

Beratnya jadi Pemimpin. Tapi kenapa banyak orang yang berlomba-lomba untuk menjadi pemimpin ya?

كُلُّكُمْ رَاعٍ، وَكُلُّكُمْ مَسْئُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ، فَاْلإِمَامُ رَاعٍ، وَهُوَ مَسْئُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ، وَالرَّجُلُ رَاعٍ فِيْ أَهْلِهِ، وَهُوَمَسْئُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ، وَالْمَرْأَةُ رَاعِيَةٌ فِيْ بَيْتِ زَوْجِهَا، وَهِيَ مَسْئُوْلَةٌ عَنْ رَعِيَّتِهَا، وَالْخَادِمُ رَاعٍ فِيْ مَالِ سَيِّدِهِ، وَهُوَ مَسْئُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ، وَاْلاِبْنُ رَاعٍ فِيْ مَالِ أَبِيْهِ، وَهُوَمَسْئُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ، فَكُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ. (متفق عليه عن ابن عمر)

Kalian semua adalah penggembala, dan akan diminta pertanggungjawaban tentang gembalaannya. Imam adalah penggembala, kelak dia akan diminta pertang­gungjawaban tentang gembalaannya. Seorang lelaki penggembala istrinya, kelak dia akan diminta pertanggungjawaban tentang gembalaannya. Seorang wanita penggembala dalam rumah suaminya, kelak dia akan diminta pertanggungjawaban tentang gembalaannya. Seorang pelayan penggembala bagi harta tuannya, kelak dia akan diminta pertanggungjawaban tentang gembalaannya. Seorang anak penggembala harta ayahnya, kelak dia akan diminta pertanggungjawaban tentang gembalaanya. Kalian semua adalah penggembala, kelak akan diminta pertanggungjawaban tentang gembalaanya. (Riwayat Bukhari dan Muslim secara ittifaq melalui Ibnu Umar r.a.)

Mmm..., pernah ngebayangin ga kalau nanti di akhirat saat kita dikumpulkan Allohu 'azza wa Jalla, lalu dimintai pertanggungjawabannya satu-satu? Pembelaan apa yang bisa menolong kita dari dosa, dan kebodohan kita saat di dunia?

Lebih SEREM lagi para pemimpin kita tuh. Mereka akan di panggil lebih dahulu satu demi satu untuk mempertanggungjawabkan terhadap apa yang dipimpinnya! Wuih..., SEREMNYA.

Tiada seseorang pun yang berkuasa atas suatu perkara dari umat ini (umat Muhammad), lalu ia tidak berlaku adil di antara mereka, kecuali Allah Swt. akan mencampakkannya ke dalam neraka. (Riwayat Ma'qil ibnu Sinan)

Tapi, daripada cemberut tiap hari. Ngedumel ga karuan sampe ke bawa-bawa kepada suasana hati, mending kita doain PEMIMPIN kita yang saat ini diberi amanah oleh Allohu 'azza wa Jalla diberikan Rahmat dan Hidayah-Nya agar senantiasa bisa menjaga amanah yang BESAR ini.

Salam dan Senyum,
.:MasGagah:.

No comments:

Aliyah Zaharani Putri

Aliyah Zaharani Putri